Pentingnya Aspek Keamanan pada Layanan Komputasi Awan Publik

Dalam era digital saat ini, semakin banyak perusahaan yang beralih ke layanan komputasi awan publik untuk menjalankan aplikasi maupun menyimpan data yang mereka kelola.

Layanan komputasi awan publik menawarkan fleksibilitas, skalabilitas dan efisiensi yang tinggi. Namun, pengguna layanan tersebut harus menjaga keamanan data mereka dengan sangat serius dengan memperhatikan setiap aspek keamanan pada layanan yang digunakan. Keamanan menjadi aspek yang penting yang harus diperhatikan seiring dengan berkembangnya serangan dan jumlah siber yang terjadi.

Pelanggaran Keamanan Data

Salah satu alasan utama mengapa harus memperhatikan aspek keamanan dalam menggunakan layanan komputasi awan publik adalah untuk mencegah pelanggaran keamanan data serta mengurangi resiko yang mungkin terjadi apabila serangan benar-benar terjadi.

Keberadaan data maupun informasi sensitif yang disimpan di dalam komputasi awan publik menjadi salah satu alasan kenapa sebuah perusahaan rentan terhadap serangan siber. Jika perusahaan tidak memprioritaskan keamanan, data yang disimpan pada layanan komputasi awan dapat menjadi target serangan bagi peretas yang berusaha mencuri atau merusaknya.

Oleh karena itu, langkah-langkah pengamanan yang tepat harus menjadi prioritas bagi setiap perusahaan yang menggunakan layanan komputasi awan publik.

Keamanan Layanan Komputasi Awan Publik

Memilih penyedia layanan komputasi awan publik yang handal dan tepercaya sangat penting. Perusahaan harus melihat kebijakan keamanan yang diterapkan oleh penyedia layanan, seperti penggunaan serangkaian teknologi keamanan pada setiap lapisan perimeter, pemanfaatan fasilitas pemantauan keamanan, serta langkah-langkah yang diambil oleh penyedia layanan dalam menangani setiap ancaman maupun pada saat terjadi insiden keamanan.

Dalam menyewa layanan komputasi awan publik, perusahaan harus memastikan bahwa penyedia layanan memiliki standar keamanan yang tinggi dan kepatuhan terhadap regulasi yang ketat.

Keamanan Data dan Privasi

Selain keamanan sistem dan infrastruktur, perusahaan juga harus memperhatikan keamanan data dan privasi.

Pengguna layanan harus memiliki kontrol yang memadai untuk mengamankan dan mengontrol akses ke data yang disimpan. Melakukan enkripsi data saat transit dan istirahat menjadi penting untuk melindungi data sensitif dari akses yang tidak sah.

Perusahaan juga harus memperhatikan kepatuhan hukum dan peraturan yang berlaku, seperti ISO 27001, PCI DSS, GDPR, Undang Undang Perlindungan Data Pribadi (UU PDP) maupun regulasi lain yang mengatur tentang aspek kepatuhan keamanan.

Mengabaikan keamanan data dan privasi dapat berdampak serius pada reputasi perusahaan dan berpotensi berakibat pada resiko hukum.

Manajemen Identitas dan Akses

Aspek keamanan lain yang perlu diperhatikan adalah manajemen identitas dan akses. Perusahaan harus memastikan bahwa hanya pengguna yang berwenang yang memiliki akses ke data dan aplikasi di lingkungan komputasi awan mereka.

Implementasi sistem otentikasi yang kuat, pengendalian akses berbasis peran, serta pemantauan aktivitas pengguna adalah langkah-langkah penting dalam menjaga keamanan akses pada layanan komputasi awan publik.

Selain bermanfaat untuk mengelola hak akses, penggunaan teknologi ini bermanfaat untuk kegiatan forensik apabila diperlukan untuk melakukan investigasi apabila ditemukan indikasi aktifitas yang mencurigakan oleh pengguna.

Pengawasan dan Respons Keamanan

Perusahaan harus mempertimbangkan kebutuhan untuk memantau dan merespon ancaman keamanan dengan cepat. Ini melibatkan pemantauan kegiatan untuk mendeteksi aktivitas yang mencurigakan atau serangan yang sedang berlangsung.

Memiliki tim respon keamanan yang siap tanggap dan prosedur respon keamanan yang ditetapkan akan memastikan bahwa perusahaan dapat mengatasi serangan keamanan dengan cepat dan mengurangi dampak yang mungkin terjadi.

Kesimpulan

Keamanan adalah hal penting yang harus diperhatikan dalam menyewa layanan komputasi awan publik. Perusahaan harus menyadari risiko keamanan yang terkait dengan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi sistem, infrastruktur maupun data-data mereka.

Memilih penyedia layanan komputasi awan yang handal, mengimplementasikan praktik keamanan terbaik, serta mempertimbangkan aspek keamanan seperti manajemen identitas dan akses serta pemantauan dan respon keamanan akan membantu perusahaan dalam mengurangi potensi serangan siber dan meminimalisir kemungkinan resiko yang dapat terjadi.

Share this article
Shareable URL
Prev Post

Teknologi Keamanan yang Penting untuk Digunakan Ketika Menggunakan Layanan Komputasi Awan Publik

Next Post

Mengapa Menggunakan Cloud-Centric MSSP Lebih Menguntungkan Bagi Bisnis

Comments 1
  1. Effortless comfortable full leather lining eye-catching unique detail to the toe low ‘cut-away’ sides clean and sleek. Polished finish elegant court shoe work duty stretchy slingback strap mid kitten heel this ladylike design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read next